Evaluasi Mudik, Ridwan Kamil: Pembatasan Rest Area Diduga Jadi Biang Kerok Kemacetan di Tol

Selasa, 03 Mei 2022 – 12:30 WIB
Evaluasi Mudik, Ridwan Kamil: Pembatasan Rest Area Diduga Jadi Biang Kerok Kemacetan di Tol - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan beberapa hasil evaluasi dalam pelaksanaan arus mudik Idulfitri 1443 Hijriah.

Evaluasi ini nantinya bisa diperbaiki untuk mengatur arus balik yang diperkirakan akan dimulai pada H+3 atau H+4 (Kamis dan Jumat) ini.

Ridwan Kamil mengatakan, dinamika di rest area yang dibatas hanya 30 menit bagi pengendara jalan tol rupanya masih belum berhasil.

Hasil di lapangan, masih banyak pengendara mobil yang justru memanfaatkan bahu jalan untuk beristirahat karena area parkir rest area yang terbatas.

“Dinamikanya di rest area saja, karena tempatnya terbatas (sedangkan) yang membutuhkan banyak. Terjadi antrean yang mana mereka mengambil bahu jalan,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Selasa (3/5).

Dia mengungkapkan, karena rest area di tol penuh, akhirnya pengguna mobil memanfaatkan bahu jalan untuk berhenti yang justru menyebabkan kemacetan di jalan tol saat arus mudik kemarin.

Kendati demikian, kata Ridwan Kamil, permasalahan itu sudah dievaluasi dan pihaknya tengah mencari cara lain supaya pengendara pada arus balik bisa jauh lebih nyaman.

“Itu sudah dievaluasi, ternyata ada (waktu) 30 menit itu belum memadai dan aparat menggiring mereka yang banyak beristirahat di bahu jalan ya itu karena memacetkan,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan evaluasi pelaksanaan arus mudik lebaran 2022. Singgung dinamika di rest area jalan tol.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News