Pemudik Antar Kota Dalam Provinsi Mulai Padati Kawasan Cianjur

Sabtu, 23 April 2022 – 08:00 WIB
Pemudik Antar Kota Dalam Provinsi Mulai Padati Kawasan Cianjur - JPNN.com Jabar
Ilustrasi mudik lebaran. Foto: dok jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur Aris Harianto menyebut mulai ada peningkatan volume lalu lintas kendaraan pemudik di wilayahnya. Mereka merupakan pemudik jarak dekat dengan tujuan kabupaten atau kota di Jawa barat.

Kata Aris, peningkatan sudah terlihat sejak pagi hingga petang, sebagian besar kendaraan roda empat bernopol luar kota seperti Jabodetabek menuju arah Bandung dan seterusnya.

"Pagi hari dan petang, volume kendaraan bernopol luar kota mulai terlihat melintas di jalur utama mudik Cianjur. Prediksi peningkatan akan terus bertambah dalam dua hingga satu pekan ke depan," kata Aris di Cianjur, Jumat (22/4).

Untuk mengantisipasi terjadinya antrean di jalur utama Puncak-Cianjur, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Lantas Polres Cianjur untuk mengaktifkan sejumlah jalur alternatif mulai dari wilayah utara, seperti Hanjawar-Pacet-Cikalongkulon dan alternatif Karangtengah-Sukaluyu-Bandung Barat.

"Kita persiapkan rambu penunjuk jalan dan lampu penerang jalan yang masih minim untuk memudahkan pemudik yang melintas," katanya.

KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira mengatakan volume kendaraan pemudik dengan tujuan jarak dekat sudah mulai melintas di jalur utama Cianjur, bahkan menjelang pagi terlihat ratusan kendaraan roda dua dengan ciri khas mudik mulai meningkat.

"Perkiraan kami volume kendaraan dengan ciri khas mudik akan terus meningkat hingga satu hari menjelang Lebaran 2022. Berbagai upaya antisipasi dan rekayasa arus akan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan," katanya.

Ia mengimbau pemudik untuk mematuhi aturan lalu lintas dengan tidak membawa barang berlebih di kendaraan dan tidak membawa anak di bawah lima tahun dengan sepeda motor."Utamakan keselamatan, lebih baik istirahat ketika lelah, jangan memaksakan diri," katanya. (antara/jpnn)

Pemudik antar kota dalam provinsi mulai melewati wilayah Kabupaten Cianjur. Hal itu terbukti dari meningkatnya volume arus lalu lintas di wilayah Cianjur.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News