Bantu UMKM Produktif, Pemkab Garut Siap Gandeng Minimarket Soal Pemasaran

Kamis, 21 April 2022 – 20:00 WIB
Bantu UMKM Produktif, Pemkab Garut Siap Gandeng Minimarket Soal Pemasaran - JPNN.com Jabar
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Foto: ANTARA/Feri Purnama

jabar.jpnn.com, GARUT - Dalam rangka meningkatkan produktivitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berencana menggandeng pengelola minimarket untuk membantu memasarkan produk UMKM.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan, kolaborasi antara minimarket dan UMKM dinilai akan berdampak positif bagi pertumbuhan UMKM di wilayahnya.

"Saya nanti panggil Alfamart, Indomart supaya bisa memasarkan, menampung produk-produk mereka (UMKM) dan jangan terlalu memberatkan, kalau untuk satu kabupaten mereka (pelaku usaha) siap," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman di Garut, Kamis (21/4).

Helmi memastikan, Pemkab Garut secepatnya akan membahas upaya memasarkan berbagai produk UMKM itu dengan minimarket yang ada di Garut.

Namun, lanjut Helmi, sebelum dipasarkan di minimarket, produk UMKM harus memiliki stadar sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia salah satunya perizinan.

"Nah termasuk di pemasaran ya, jadi dari izin, produksi, pemasaran," katanya.

Helmi mengungkapkan, selama ini masih ada pelaku UMKM mengeluhkan beberapa kendala dalam menjalankan usahanya seperti perizinan, hak atas kekayaan intelektual, BPOM sampai sertifikat halal bagi produk dagangannya.

Persoalan itu, lanjut dia, oleh pemerintah daerah terus diselesaikan secara bertahap mulai dari memberikan pelatihan dan proses mendapatkan perizinan untuk produk.

Pemkab Garut berencana menggandeng pengelola minimarket untuk membantu memasarkan produk UMKM.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News