Potensi Pemudik ke Jabar 14,9 Juta, Ridwan Kamil: Ini Siaga Satu

Rabu, 20 April 2022 – 10:00 WIB
Potensi Pemudik ke Jabar 14,9 Juta, Ridwan Kamil: Ini Siaga Satu - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan skema lalu lintas pada saat musim mudik yang potensi pergerakan secara nasional mencapai 85,5 juta.

Beberapa rencana yang sudah disiapkan adalah dua ruas Tol Utara menjadi satu arah selama pelaksanaan mudik.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dari 85,5 juta pemudik, potensi yang mudik ke wilayah Jabar sekitar 14,9 juta jiwa, sedangkan orang Jabar yang mudik di dalam atau keluar provinsi ada 9,2 juta jiwa.

“Tentu ini siaga 1 kami akan terus, karena sudah dua tahun kan tidak mudik,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Selasa (19/4).

Ia menambahkan, pada 28 sampai 30 April akan ada sistem manajemen arus mudik yang mana sejumlah jalur tol akan dibuat satu arah.

“Jalan Tol Utara akan dijadikan satu arah untuk pergerakan kendaraan dari timur ke barat (Jakarta-Cirebon atau Jakarta-Bandung). Selama tiga hari itu, kendaraan dari timur (Cirebon atau dari Bandung) jika ingin ke Jakarta tidak melalui jalan tol tetapi melalui jalan primer, arteri atau jalan biasa,” jelasnya.

Mengenai kesiapan jalan, eks Wali Kota Bandung itu menyebut ada beberapa titik yang terus diperbaiki dengan target rampung tiga hari sebelum lebaran.

“Khusus yang hot mix memang setelah lebaran dimulai di 12 titik yang sudah saya posting lokasinya. Tetapi insya Allah semua yang rusak kami tambal dulu,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan potensi pemudik ke Jabar mencapai 14,9 juta, pihaknya siapkan sejumlah skema lalu lintas pada saat mudik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News