Pemerintah Fokus Mematangkan Skema PPDB, Ada Perbedaan Dari Tahun Sebelumnya?

Kamis, 14 April 2022 – 16:25 WIB
Pemerintah Fokus Mematangkan Skema PPDB, Ada Perbedaan Dari Tahun Sebelumnya? - JPNN.com Jabar
Antre pendaftaran PPDB jalur zonasi. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga kini belum dimulai dan masih dalam tahap uji publik atas masukan-masukan yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi menerangkan, PPDB tahun ini belum dibuka, sementara petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) masih dalam pembahasan.

"Masih dalam pembahasan, yang jelas tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya," ucap Dedi Supandi, dikutip Kamis (14/4).

Dalam sistem PPDB ada beberapa jalur, di antaranya Afirmasi, Prestasi, dan perpindahan orang tua dengan kuota 50 persen untuk tiga jalur tersebut.

"Sedangkan untuk jalur zonasi, kuotanya yakni 50 persen. Dengan sistem tahun sebelumnya 38 zonasi irisan-irisan tersebut kami gabung, sehingga tahun ini menjadi 86 zonasi," jelasnya.

Untuk sistem zonasi pihaknya masih melakukan uji publik dan tahap rekapitulasi atas masukan yang ada, agar sistem yang ada bisa terus diperbaiki dan menjadi lebih baik.

"Memang ada masukan, jalur zonasi untuk grade rangking terhadap anak yang rumahnya dekat dengan sekolah, tetapi tinggalnya di lokasi tersebut baru setahun. Ada pula anak yang jaraknya sedikit jauh, tetapi tinggalnya sudah lama, itu menjadi perhitungan," terangnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah swasta agar dapat menerima warga miskin.

Pemerintah masih terus melakukan uji publik atas masukan-masukan soal PPDB di tahun ini, termasuk juklak dan juknis yang masih dalam pembahasan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News