Ini Lima Isu Prioritas Infrastruktur 2026 di Kota Depok

Sabtu, 26 Oktober 2024 – 14:16 WIB
Ini Lima Isu Prioritas Infrastruktur 2026 di Kota Depok - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemkot Depok. (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memetakan lima prioritas pembangunan daerah bidang infrastruktur dan kewilayahan untuk tahun 2026.

Lima poin prioritas tersebut yaitu penanganan kemacetan, banjir, sampah, air bersih, dan kawasan kumuh.

Guna membantu pemerintah merencanakan pembangunan infrastruktur yang inklusif, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok menyerap aspirasi masyarakat untuk membahas isu-isu prioritas tersebut.

"Isu strategis yang sudah kami tetapkan ini, disesuaikan juga dengan kajian dan aspirasi masyarakat untuk pembangunan yang inklusif ke depannya," ucap Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana dikutip Sabtu (26/10).

Dia menuturkan, untuk penanganan kemacetan Pemkot Depok akan mengoptimalkan angkutan massal atau transportasi publik, kolaborasi dengan pemerintah pusat. Seperti transportasi By The Service (BTS), angkutan kota (angkot) ber-AC.

"Penambahan kapasitas jalan memang prioritas, tapi utamanya adalah optimalisasi angkutan umum," terangnya.

Kemudian penanganan banjir, yaitu penataan drainase, penataan Situ dan menambah embung bekerja sama dengan Provinsi Jawa Barat sebagai resapan air.

Selanjutnya penanganan sampah, ada dua strategi yang dirumuskan Pemkot Depok, yakni dari hulu dan hilir.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memetakan pembangunan daerah bidang infrastruktur dan kewilayahan untuk tahun 2026, dan ada lima isu prioritas
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News