Berpuasa Penuh Selama Ramadan Bisa Masuk Surga, Begini Penjelasannya

Selasa, 05 April 2022 – 16:35 WIB
Berpuasa Penuh Selama Ramadan Bisa Masuk Surga, Begini Penjelasannya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi ramadan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah KH. A. Mahfudz Anwar berbagi kisah tentang sejumlah keutamaan ramadan.

KH. A. Mahfudz Anwar mengatakan, pada 10 hari pertama ramadan manusia mendapatkan rahmat, kasih sayang, serta berkah dari yang maha kuasa.

"10 hari kedua, manusia akan mendapatkan magfirah atau ampunan dari dosa-dosa yang telah diperbuatnya," tuturnya kepada JPNN.com, Selasa (5/4).

Sementara pada 10 hari terakhir, mereka yang lulus satu bulan berpuasa ramadan akan terbebas dari api neraka, karena semua dosa dan kesalahannya telah diampuni Allah.

Seseorang dinyatakan lulus berpuasa ada tiga tahapannya.

Pertama, seseorang dinyatakan lulus berpuasa jika mereka tidak makan, minum dan tidak melakukan hubungan intim bagi pasangan suami istri.

Tingkatan berikutnya yaitu, puasa dari semua anggota tubuh, seperti tangannya tidak berbuat jahat, mata, hidung, telinga tidak dipergunakan untuk hal-hal yang buruk.

"Tingkatan tertinggi yaitu, puasa dari semuanya. Tidak ngedumel, ikhlas, dan menerima seluruh ketentuan Allah dan sadar bahwa itu semua takdir yang diberikan," tuturnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah KH. A. Mahfudz Anwar berbagi kisah tentang sejumlah keutamaan ramadan. Mulai dari 10 hari pertama hingga 10 hari terakhir
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News