Pemkot Bandung dan PUPR Akselerasi Pembangunan Tol Dalam Kota

Rabu, 09 Oktober 2024 – 20:30 WIB
Pemkot Bandung dan PUPR Akselerasi Pembangunan Tol Dalam Kota - JPNN.com Jabar
Pj Wali Kota Bandung A. Koswara. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Kementerian PUPR dan Pemprov Jabar membahas tindak lanjut rencana pengusahaan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) atau tol dalam kota. 

Rapat ini membahas sejumlah hal teknis dalam pengusahaan hadirnya BIUTR, yang diyakini menjadi salah satu solusi kemacetan di wilayah Kota Bandung. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung A. Koswara mengatakan, rapat tindak lanjut ini bertujuan merumuskan kembali pengusahaan BIUTR.

Ada pun pembangunan BIUTR telah masuk menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Sejumlah aspek teknik dibahas, mulai dari kondisi eksisting saat ini dengan awal BIUTR diinisiasi, dan pembaruan kewenangan di masing-masing pihak setelah BIUTR menjadi PSN. 

"Kita lakukan koordinasi di Kota Bandung sebagai daerah yang terdampak PSN. Secara kebijakan tata ruang dan APBD, kita harus memberi dukungan agar proyek ini lancar," kata Koswara, Rabu (9/10). 

Ia juga menggarisbawahi hal yang perlu diantisipasi dalam rangkaian pembangunan BIUTR berlangsung. Mulai dampak dari BIUTR bersifat infrastruktur maupun sistem lainnya, seperti angkutan umum.

Di sisi lain, sebagai solusi jangka pendek dan menengah, Pemkot Bandung sedang mempersiapkan jam operasional kendaraan pribadi, serta mengefektifkan manajemen pengelolaan lalu lintas guna menekan angka kemacetan.

Pemkot Bandung bersama Kementerian PUPR membahas percepatan pembangunan tol dalam kota di Kota Bandung. Begini perkembangan terkininya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News