Puluhan Rumah dan 2 Masjid di Sukabumi Rusak Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Kamis, 03 Oktober 2024 – 10:00 WIB
Puluhan Rumah dan 2 Masjid di Sukabumi Rusak Akibat Diterjang Angin Puting Beliung - JPNN.com Jabar
Potret bangunan yang rusak setelah diterjang angin puting beliung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebut hasil pendataan sementara hingga Rabu malam pukul 22.00 WIB ada 30 rumah dan dua unit masjid yang rusak di Kampung Cipeuteuy dan Cisarua, Kabupaten Sukabumi, akibat terdampak angin puting beliung.

"Ada dua kampung yang terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Kabandungan, yakni Kampung Cipeuteuy dan Cisarua," kata Kepala Seksi Logistik dan Keraduratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim.

Menurut Medi, hasil pendataan yang dilakukan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan menunjukkan 30 unit rumah yang rusak berada di Kampung Cisarua dengan perincian 10 unit rusak sedang dan 20 unit rusak ringan.

Sementara di Kampung Cipeuteuy, jumlah bangunan yang rusak sebanyak dua unit yang merupakan masjid. Namun, untuk di kampung ini belum ada laporan rumah warga yang rusak akibat terdampak angin puting beliung.

Kemudian untuk para penyintas yang mengungsi sebanyak 10 kepala keluarga (KK) atau 34 jiwa. Mereka memilih mengungsi ke rumah sanak saudaranya karena rumahnya mengalami kerusakan cukup parah.

"Data kerusakan ini masih sementara dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan berubah. Tapi pada kejadian ini tidak ada laporan terkait korban jiwa maupun luka," tambahnya.

Medi mengatakan dalam upaya menanggulangi bencana pihaknya membutuhkan terpal sebanyak 40 lembar, bantuan darurat berupa kebutuhan pokok, peralatan dapur 30 paket, tenda gulung 69 unit serta bahan bangunan seperti kayu, asbes, triplek dan paku. (antara/jpnn)

Puluhan rumah dan dua masjid di Kampung Cipeuteuy dan Cisarua, Kabupaten Sukabumi rusak akibat diterjang angin puting beliung

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News