Wujudkan Akses Air Bersih di Wilayah Timur, Yayasan Plan Indonesia Gelar Charity Fun Run 5K

Minggu, 29 September 2024 – 15:00 WIB
Wujudkan Akses Air Bersih di Wilayah Timur, Yayasan Plan Indonesia Gelar Charity Fun Run 5K - JPNN.com Jabar
Yayasan Plan Indonesia menggelar kegiatan Charity Fun Run 5K dengan tema ‘Keliling Kebun’ di Kebun Raya Bogor pada Sabtu (28/9). Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Yayasan Plan Indonesia menggelar kegiatan Charity Fun Run 5K dengan tema ‘Keliling Kebun’ di Kebun Raya Bogor pada Sabtu (28/9).

Kegiatan yang melibatkan 600 pelari itu dalam rangka penggalangan dana mewujudkan akses air bersih di wilayah Indonesia Timur, khususnya Nusa Tenggara Timur (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baiq Hadijah, salah satu partisipan program mengatakan, di banyak wilayah Indonesia Timur, penyandang disabilitas menghadapi hambatan besar karena kurangnya air bersih.

Masyarakat di sana harus membeli atau antre berjam-jam untuk bisa mendapatkan air bersih setiap hari.

“Banjir bandang dan kekeringan telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, orang-orang dengan disabilitas adalah salah satu yang terkena dampak dan paling tertinggal dalam masalah air dan sanitasi,” kata Baiq dalam keterangannya, Minggu (29/9).

Plan Indonesia pun menggandeng tiga influencer yakni Anjasmara, Diah Palupi, dam Putu Sutha untuk bergerak menggalang dana dan membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih di desa-desa di NTB dan NTT.

Melalui Plan Indonesia, seluruh pemasukan dari kegiatan ini digunakan untuk membangun fasilitas air bersih berupa sumur bor atau instalasi jalur distribusi air bersih dari sumber atau mata air.

Anjasmara mengatakan, keikutsertaannya dalam charity ini diawali dari manajernya yang baru saja pulang dari desa di NTT dan melihat kondisi sulitnya akses untuk bisa mendapatkan air bersih.

Yayasan Plan Indonesia menggelar kegiatan Charity Fun Run 5K untuk penggalangan dana akses air bersih di wilayah Indonesia Timur.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News