BMKG: 34 Gempa Susulan Melanda Kabupaten Bandung

Minggu, 22 September 2024 – 18:30 WIB
BMKG: 34 Gempa Susulan Melanda Kabupaten Bandung - JPNN.com Jabar
Salah satu bangunan roboh akibat gempa magnitudo 5.0 di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung mencatat hingga saat ini telah terjadi sebanyak 34 gempa susulan pascagempa bermagnitudo 5.0 di Kabupaten Bandung.

"Sebanyak 34 gempa bumi susulan sampai pukul 11.00 WIB, masyarakat tetap waspada dengan gempa bumi susulan ini," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, Minggu (22/9).

Teguh mengatakan gempa susulan yang terjadi memiliki magnitudo yang terus mengecil. Ia mengingatkan potensi gempa bumi susulan masih dapat terjadi ke depan.

“Gempa susulan sudah meluruh dan durasi waktu juga semakin lama. Namun, potensi gempa susulan masih bisa saja terjadi,” kata dia.

Dia menyatakan gempa susulan dengan kekuatan guncangan terbesar 3.5 magnitudo dan terkecil 1.2 magnitudo, pihaknya mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

“Tetap waspada dan jangan panik. Perbaharui informasi dari BMKG dan jangan termakan isu-isu yg tidak jelas kebenarannya,” katanya.

Terkait beredarnya isu berupa pesan berantai bahwa akan ada gempa lebih besar, hingga membuat resah warga, BMKG mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Kalau ada yang menginformasikan akan terjadi gempa maka itu dipastikan tidak benar karena gempa tidak bisa diprediksi," katanya.

BMKG Stasiun Bandung mencatat hingga saat ini telah terjadi sebanyak 34 gempa susulan pascagempa bermagnitudo 5.0 di Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News