BNPB Ungkap Ada Sesar Belum Terpetakan Penyebab Gempa Dangkal M5.0 di Bandung

Kamis, 19 September 2024 – 13:25 WIB
BNPB Ungkap Ada Sesar Belum Terpetakan Penyebab Gempa Dangkal M5.0 di Bandung - JPNN.com Jabar
Bangunan roboh setelah diguncang gempa magnitudo 5.0 di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (18/9/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah bilah gempa bumi dangkal magnitudo 5.0 yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung akibat sesar Garsela.

Goncangan gempa bumi itu disebabkan pergerakan sesar yang belum terpetakan.

“Hasil diskusi sementara awalnya gempa ini diprediksi terjadi di Sesar Garsela akan  tetapi ketika dilakukan mapping detail dan data gempa susulan kemungkinan gempa ini terjadi pada sesar yang belum terpetakan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari saat konferensi pers secara daring, Kamis (19/9/2024).

"Ada dua segmen Sesar Garsela, distribusi gempa pertama dan susulan bukan Sesar aktif Garsela juga tidak Sesar Lembang," sambungnya.

Ia mengaku masih menunggu assesmen dari BRIN dan PVMBG yang akan memastikan gempa bumi yang terjadi kemarin disebabkan karena sesar yang mana.

Menurutnya, dalam beberapa bencana gempa terakhir seperti di Cianjur terjadi akibat sesar yang belum terpetakan.

"Untuk melihat kembali mengutamakan dari sisi penelitian untuk mengidentifikasi sesar darat aktif yang belum terpetakan dengan baik," tutur dia.

Lebih lanjut, kata Abdul, potensi gempa susulan masih saja bisa terjadi. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada.

BNPB mengungkapkan jika gempa bumi dangkal magnitudo 5.0 yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung pada Rabu (18/9/2024) bukan disebabkan karena sesar Garsela.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News