BPBD Kabupaten Bogor Salurkan 225 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan

Selasa, 10 September 2024 – 07:00 WIB
BPBD Kabupaten Bogor Salurkan 225 Ribu Liter Air Bersih untuk Warga Terdampak Kekeringan - JPNN.com Jabar
Petugas BPBD mengirim bantuan air bersih ke Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bogor)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyalurkan 225.000 liter air bersih ke beberapa wilayah terdampak bencana kekeringan sebagai dampak kemarau.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengungkapkan sejak 6 Juni hingga 26 Agustus 2024, BPBD telah menyalurkan bantuan 225.000 liter air bersih.

"Bantuan air bersih untuk 25.790 jiwa dari 90.17 kepala keluarga (KK) yang ada di Kabupaten Bogor," ujar dia.

Ia menjelaskan 12 di antara 40 kecamatan di Kabupaten Bogor menghadapi kekeringan sebagai dampak musim kemarau tahun ini.

Kecamatan yang terdampak kekeringan itu, seperti Jonggol, Sukamakmur, Gunungputri, Citeureup, Rancabungur, Leuwisadeng, Leuwiliang, Tanjungsari, Cisarua, Pamijahan, Jasinga, dan Babakanmadang.

Warga di 42 lokasi di 12 kecamatan itu mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, sedangkan titik kekeringan tersebar di 18 desa.

Ia menyebut Jonggol salah satu kecamatan yang paling parah terdampak musim kemarau, lantaran tujuh di antara 14 desa di kecamatan tersebut telah mengalami kekeringan.

Total warga menghadapi kesulitan air bersih di daerah itu 5.166 jiwa atau 2.694 KK, sedangkan khusus di Kecamatan Jonggol, BPBD telah menyalurkan bantuan sedikitnya 70.000 liter air bersih sejak Juni hingga Agustus 2024. (antara/jpnn)

BPBD Kabupaten Bogor menyalurkan 225.000 liter air bersih ke beberapa wilayah terdampak bencana kekeringan sebagai dampak kemarau.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News