1.547 Hewan Peliharaan di Purwakarta Divaksinasi Rabies

Senin, 19 Agustus 2024 – 20:00 WIB
1.547 Hewan Peliharaan di Purwakarta Divaksinasi Rabies - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemberian vaksin hewan atau vaksin rabies gratis. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, melalui Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan vaksinasi terhadap 1.547 hewan penular rabies jenis kucing dan anjing.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta Ida Hamidah menyampaikan sepanjang Januari-Agustus tahun ini pihaknya telah melakukan vaksinasi rabies 1.547 kucing dan anjing.

Ia mengatakan jumlah hewan yang divaksinasi pada tahun ini akan terus bertambah, mengingat target vaksinasi rabies tahun 2024 di Purwakarta sebanyak 2.647 kucing dan anjing.

Menurut dia, ribuan kucing dan anjing peliharaan maupun liar di Purwakarta divaksinasi rabies. Langkah itu ditempuh untuk mencegah penularan penyakit tersebut kepada manusia.

Selain kucing dan anjing, lanjutnya, vaksinasi rabies juga dilakukan terhadap monyet dan musang.

"Semua hewan yang kami vaksinasi itu merupakan jenis yang masuk dalam kategori hewan penular rabies. Vaksinasi kami lakukan kepada hewan-hewan peliharaan atau hewan liar," katanya.

Catatan Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, dalam empat tahun terakhir pihaknya telah melakukan vaksinasi hewan-hewan penular rabies sebanyak 8.719 ekor.

Rinciannya pada tahun 2021 sebanyak 2.525 ekor, tahun 2022 sebanyak 2.647 ekor, tahun 2023 sebanyak 2.000 ekor.

Dinas Peternakan dan Perikanan melakukan vaksinasi terhadap 1.547 hewan penular rabies jenis kucing dan anjing.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News