DKP3 Sukabumi Targetkan 1.200 Hewan Divaksinasi Antirabies

Kamis, 15 Agustus 2024 – 10:00 WIB
DKP3 Sukabumi Targetkan 1.200 Hewan Divaksinasi Antirabies - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemberian vaksin hewan atau vaksin rabies gratis. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi menargetkan 1.200 hewan liar maupun peliharaan di Kota Sukabumi, mendapatkan vaksinasi antirabies.

"Kami targetkan pelaksanaan vaksinasi selesai pada September 2024, di mana untuk program vaksinasi massal telah dilakukan sejak Juli 2024 dengan jumlah hewan peliharaan dan liar yang divaksin antirabies sekitar 300 ekor," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Riki Barata.

Menurut Riki, fokus pelaksanaan vaksinasi di bulan pertama atau Juli 2024 di Kecamatan Lembursitu dengan total hewan yang divaksinasi sebanyak 300 ekor.

Adapun hewan yang menjadi target vaksinasi ini adalah yang berpotensi tertular serta menularkan penyakit rabies seperti kucing, anjing, kera dan lainnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi ini, petugas DKP3 Kota Sukabumi didampingi aparatur kelurahan menyambangi masyarakat yang memelihara hewan dari pintu ke pintu ataupun mendatangi lokasi-lokasi yang banyak ditemukan hewan liar atau tidak dipelihara warga.

Selain melakukan vaksinasi, pihaknya juga memberikan edukasi kepada pemilik hewan peliharaan agar secara rutin melakukan vaksinasi kepada hewan yang dipelihara antisipasi tertular atau menularkan penyakit rabies.

Sebagai informasi rabies ini bisa ditularkan hewan kepada manusia melalui cakaran maupun gigitan. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir di Kota Sukabumi tidak ada kasus penularan rabies dari hewan ke manusia tetapi harus tetap diwaspadai.

"Vaksinasi yang kami berikan ini sepenuhnya gratis dan diimbau warga khususnya yang memiliki hewan peliharaan untuk memanfaatkan program tersebut sebagai langkah antisipasi penyebaran virus rabies," tambahnya.

DKP3 Kota Sukabumi menargetkan 1.200 hewan liar maupun peliharaan di Kota Sukabumi, mendapatkan vaksinasi antirabies.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News