Puluhan Sopir Angkot Sukabumi Mogok Massal, Minta Pemkot Buat Aturan Pembatasan Transportasi Daring

Selasa, 13 Agustus 2024 – 07:30 WIB
Puluhan Sopir Angkot Sukabumi Mogok Massal, Minta Pemkot Buat Aturan Pembatasan Transportasi Daring - JPNN.com Jabar
Puluhan angkot trayek 01 rute Kota Sukabumi-Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melakukan aksi mogok massal menuntut adanya pembatasan kuota transportasi umum daring pada Senin (12/8/2024). ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Puluhan angkutan kota (angkot) trayek 01 yang melayani rute Sukaraja, Kabupaten Sukabumi-Kota Sukabumi (Pasar Pelita), Jawa Barat, melakukan aksi mogok massal menuntut adanya peraturan pembatasan terhadap kuota transportasi umum daring.

"Mogok massal ini merupakan aksi solidaritas yang bertujuan meminta kepada Pemkot Sukabumi khususnya Dinas Perhubungan Kota Sukabumi untuk membuat peraturan tentang pembatasan alat transportasi umum daring," kata Ketua Kelompok Kerja Unit (KKU) Sopir Angkot Sukaraja, Ridwan.

Menurut Ridwan, saat ini transportasi umum daring di Sukabumi jumlahnya sudah tidak lagi terhitung, baik itu ojek maupun angkot daring dampak dari tidak adanya aturan terkait pembatasan kuota transportasi umum daring.

Akibat tidak adanya pembatasan, pendapatan sopir angkot non-daring menurun drastis di mana rata-rata pendapatannya di bawah Rp150 ribu, belum lagi dipotong membayar setoran sewa kepada pemilik angkot.

Sebelum maraknya transportasi umum daring pendapatan sopir angkot trayek 01 rata-rata di atas Rp300 ribu.

Namun, untuk saat ini untuk mengejar setoran, para sopir angkot sudah kewalahan bahkan harus narik (mencari penumpang) dari pagi hingga malam.

Pihaknya meminta kepada Dishub Kota Sukabumi untuk memperhatikan nasib sopir angkot non-daring yang pendapatannya terus menurun dari waktu ke waktu, bahkan sudah banyak pengusaha angkot yang gulung tikar atau bangkrut akibat membludaknya angkutan umum daring.

"Untuk rezeki memang Allah SWT yang mengatur, tetapi tetap manusia harus berusaha salah satunya dengan melakukan aksi seperti ini sebagai bentuk upaya kami untuk mendapatkan keadilan," katanya lagi.

Puluhan angkot trayek 01 melakukan aksi mogok massal menuntut adanya peraturan pembatasan terhadap kuota transportasi umum daring.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News