Beras Swaresi Jadi Produk Lokal Kabupaten Bekasi

Selasa, 06 Agustus 2024 – 19:30 WIB
Beras Swaresi Jadi Produk Lokal Kabupaten Bekasi - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyalurkan bantuan sosial berupa 1.000 paket beras kepada masyarakat sekitar saat meluncurkan produk Swaresi di Sub Terminal Agribisnis Kecamatan Babelan, Selasa. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi meluncurkan produk beras Swasembada Solusi Ekonomi Masyarakat Bekasi atau Swaresi hasil panen petani lokal yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat PT Bekasi Putera Jaya.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan menyatakan peluncuran beras lokal kategori premium ini merupakan upaya pemerintah daerah menjaga pasokan dan harga pangan melalui bisnis jual beli beras kepada masyarakat.

"Kami tugaskan untuk bisa menjaga pasokan dan harga komoditas beras di lokasi dan situasi yang dibutuhkan masyarakat," kata Dani Ramdan, Selasa (6/8).

Ia mengatakan selain menjaga pasokan dan harga beras, PT Bekasi Putera Jaya (BPJ) juga diminta memenuhi kebutuhan pangan lain secara bertahap melalui skema penyediaan dan pendistribusian produk di pasaran agar ketersediaan serta harga pangan bisa terkendali.

Dirinya berharap PT BPJ mampu mengelola dan mendistribusikan pangan melalui Sub Terminal Agribisnis (STA) Babelan setelah menuntaskan proses kajian Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi dengan tujuan mengoptimalkan pelayanan sekaligus memberikan keuntungan secara ekonomis yang dapat digunakan sebagai operasional.

"Setelah disetujui STA Babelan kepada BUMD maka tugas utamanya adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Nanti kalau bisa menghasilkan keuntungan untuk operasional perusahaan dan juga memberikan dividen kepada pemerintah daerah," katanya.

Dani mengaku peluncuran beras Swaserasi menunjukkan bahwa PT BPJ telah bangkit dan mulai mengembangkan bisnis di bidang pangan, meskipun ke depan tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan bisnis di bidang lain.

"Dengan upaya kita bersama, PT BPJ bisa pulih untuk mengembangkan bisnis dan dipilih bisnis pertama di bidang beras meskipun nantinya terbuka kemungkinan bisnis di bidang lainnya," ucap dia.

Pemkab Bekasi meluncurkan produk beras Swasembada Solusi Ekonomi Masyarakat Bekasi (Swaresi) hasil panen petani lokal yang diproduksi BUMD PT BPJ
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News