28 Bencana Melanda Kabupaten Sukabumi Sepanjang Juli 2024

Selasa, 06 Agustus 2024 – 14:30 WIB
28 Bencana Melanda Kabupaten Sukabumi Sepanjang Juli 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi tanah longsor. Foto : Lutviatul Fauziah/jpnn

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat telah terjadi 28 bencana yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Sukabumi sepanjang Juli 2024.

"Kejadian bencana pada bulan Juli masih didominasi oleh tanah longsor," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim.

Dia memerinci, bencana sesuai data BPBD Kabupaten Sukabumi untuk bencana tanah longsor terjadi sebanyak 15 kali, lalu angin kencang enam kali.

Kemudian pergerakan tanah dan lain-lain masing-masing dua kejadian serta satu kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurut Medi, meskipun tidak ada warga yang menjadi korban luka maupun jiwa, tetapi sebanyak satu kepala keluarga atau tiga jiwa harus mengungsi karena rumahnya mengalami rusak berat akibat diterjang bencana tanah longsor.

Jumlah rumah yang rusak akibat terdampak bencana sebanyak 23 unit, dengan rincian rusak ringan 14 unit, rusak sedang delapan unit, dan rusak berat satu unit.

Selain menimbulkan kerusakan pada rumah, bencana juga mengancam sembilan rumah yang tersebar di beberapa kecamatan.

Kemudian merusak 20 unit fasilitas umum dan sosial serta enam hektare lahan pertanian rusak akibat terendam banjir. Dari hasil pendataan jumlah kerugian akibat dampak bencana ini senilai Rp1,49 miliar.

BPBD Kabupaten Sukabumi mencatat telah terjadi 28 bencana yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Sukabumi sepanjang Juli 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News