430 Bencana Melanda Kota Bogor di Sepanjang Tahun Ini, Ribuan Warga Jadi Korban

Senin, 12 Agustus 2024 – 20:45 WIB
430 Bencana Melanda Kota Bogor di Sepanjang Tahun Ini, Ribuan Warga Jadi Korban - JPNN.com Jabar
Ilustrasi bencana alam. Petugas saat mengevakuasi pohon tumbang yang menutup jalan. Foto: Pemkot Bogor

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menangani sebanyak 430 kejadian bencana alam dan non-alam sepanjang tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Hidayatulloh menyebutkan 430 kejadian itu didominasi oleh kejadian tanah longsor sebanyak 194 kejadian, bangunan roboh 101 kejadian dan pohon tumbang 77 kejadian.

“Kebakaran 22 kejadian, banjir 18 kejadian, evakuasi hewan 9 kejadian, angin kencang 6 kejadian, dan penyelamatan orang tenggelam 3 kejadian,” katanya.

Hidayatulloh menyebutkan selama tujuh bulan ini total ada 251 rumah terdampak bencana. Dengan perincian 104 rumah rusak ringan, 87 rusak sedang dan 60 rusak berat.

Dari ratusan bencana itu ada 2.209 warga terdampak. Sebanyak 20 di antaranya mengalami luka ringan, 16 orang luka berat dan tujuh orang meninggal dunia.

Hidayatulloh menjelaskan pada penanganan kebakaran, sebanyak delapan di antaranya merupakan peristiwa gas meledak di rumah warga.

Delapan peristiwa ledakan gas itu beberapa di antaranya menyebabkan korban luka bakar dan kerusakan rumah.

“Terhitung sejak Januari hingga Juli ada delapan kejadian. Ledakan gas masuk ke dalam kategori kebakaran,” jelasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menangani sebanyak 430 kejadian bencana alam dan non-alam sepanjang tahun ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News