Wamentan: Pompanisasi untuk Jaga Stabilitas Pangan di Jabar

Rabu, 07 Agustus 2024 – 15:00 WIB
Wamentan: Pompanisasi untuk Jaga Stabilitas Pangan di Jabar - JPNN.com Jabar
Wakil Menteri Pertanian Sudaryono saat menghadiri kegiatan di Kota Bandung pada Rabu (7/8/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Wakil Menteri Pertanian Sudaryono menyebut kemarau panjang atau El Nino masih menjadi tantangan bagi sektor pertanian di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Oleh karena itu, kata Sudaryono, langkah strategis seperti pompanisasi mesti dilalukan dalam rangka penambahan area tanam.

“Program ini menjadi sangat penting, karena ada sekitar 117 ribu hektar untuk di Jabar dan sudah mencapai hari ini 100 ribu hektar, jadi sedikit lagi terpaut 13 ribuan hektar dibanding Jateng yang capaiannya baru 65 persen, dan ini harus maksimal ya Jabar," kata Sudaryono di Kota Bandung, Rabu (7/8).

Sudaryono menuturkan, penaganan masalah pertanian menjadi tanggung jawab bersama semua pihak. Mulai dari unsur pemerintah hingga penyuluh pertanian.

"Hari ini tentu ada dari Kementan, Dinas Pertanian provinsi dan kabupaten/kota, penyuluh pertanian di lapangan, PPL, TNI, sampai level bawah, Babinsa dan koramil-koramil di seluruh Indonesia. Kalau untuk Polri memang lebih banyak dilibatkan dalam pengawalan pangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Sudaryono menuturkan, keterlibatan Polri dalam pengawalan dinilai Sudaryono penting. Hal itu dilakukan untuk mengantisiapasi adanya mafia pangan.

Sehingga bila mana lahan yang ditanami luas, maka otomatis dengan bibit pupuk dan air yang cukup, hal tersebut sudah dipastikan hasil panennya lebih banyak dengan panel yang lebih banyak.

"Kami harapkan dapat memberikan makan untuk rakyat dengan tidak perlu lagi di masa mendatang adanya impor atau minimal kalau impor, sangat sedikit dan kami sangat batasi sekali," ujarnya.

Wakil Menteri Pertanian Sudaryono menyatakan tantangan bagi seluruh wilayah termasuk Jawa Barat adalah terkait pangan yang penting untuk dipehatikan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News