Waspada, Obat Darah Tinggi Ini Bisa Menyebabkan Kanker

Rabu, 30 Maret 2022 – 07:30 WIB
Waspada, Obat Darah Tinggi Ini Bisa Menyebabkan Kanker - JPNN.com Jabar
Ilustrasi obat-obatan. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Bagi Anda penderita darah tinggi harap berhati-hati. Pasalnya obat darah tinggi merek Accuretic bersama versi generiknya mengandung zat yang berpotensi menyebabkan kanker, yakni nitrosamin.

Perusahaan farmasi AS Pfizer pun menarik obat darah tinggi itu dari peredaran.

Dikutip dari Prevention, Pfizer membeberkan lebih detail obat-obat itu mengandung kadar N-nitroso-quinapril, sejenis nitrosamin, dengan kadar di atas tingkat yang direkomendasikan oleh badan pengawas obat dan makanan AS (FDA).

Menurut siaran pers perusahaan, Pfizer akan menarik enam lot tablet Accuretic, satu lot tablet quinapril dan hydrochlorothiazide, dan empat lot quinapril HCl/ tablet hydrochlorothiazide.

FDA melaporkan bahwa orang yang terpapar nitrosamin dalam kadar berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat mengalami peningkatan risiko kanker.

Nitrosamin adalah senyawa yang secara alami ditemukan dalam air dan beberapa makanan, termasuk daging yang diawetkan dan dipanggang.

Selama dua tahun terakhir, FDA telah menyelidiki keberadaan karsinogen potensial ini dalam obat-obatan.

FDA juga mendesak perusahaan farmasi untuk menarik kembali obat-obatan yang melebihi tingkat ADI (Acceptable Daily Intake) yang ditetapkan secara internasional.

Obat darah tinggi asal perusahaan farmasi Pfizer mengandung zat yang berpotensi menyebabkan kanker, yakni nitrosamin. Begini penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News