Wamentan Sudaryono Berkomitmen Buat Petani Punya Masa Depan Cerah

Sabtu, 27 Juli 2024 – 22:00 WIB
Wamentan Sudaryono Berkomitmen Buat Petani Punya Masa Depan Cerah - JPNN.com Jabar
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono saat menghadiri kegiatan Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan di Kabupaten Bandung. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Wakil Menteri Pertanian Sudaryono meninjau lokasi pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Kedatangannya sekaligus menghadiri acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan.

Saat hadir di lokasi, Sudaryono turun ke ladang untuk melihat hasil panen berbagai varietas, ia juga tak sungkan berbincang dengan masyarakat yang menampilkan beragam produk pertanian di area pameran.

Sudaryono merupakan anak semata wayang dari bapaknya yang bernama Yahyo dan ibunya, Suwarni. Mereka adalah keluarga petani asal Grobogan, Jawa Tengah.

Kepada awak media, Sudaryono mengaku banyak berdiskusi dengan ayahnya soal problematika yang dihadapi para petani.

"Menurut saya pernah (merasakan hidup sebagai petani) dan tahu itu penting. Saya merasa itu blessing, ya saya lahir dari keluarga seperti itu (petani). Oh, sering (berdiskusi), aku diteleponin terus.  Ini kebetulan lagi di rumah. Jadi ya biasa dicurhati macam-macam ya," kata Sudaryono di Kabupaten Bandung, Sabtu (27/7/2024).

Dengan latar belakang sebagai anak petani, ia banyak belajar dari ayahnya tentang beragam tantangan yang dihadapi petani.

Menurutnya, memberikan edukasi pada petani tidak bisa hanya pemberian materi semata khususnya dalam penerapan inovasi teknologi dalam sistem pertanian.

"Kita ngerti susahnya, kita ngerti, paham bahwa pupuk itu harus ada, bibitnya harus benar, cara ngolahnya harus benar. Gak bisa kita main suruh, main perintah. Belum tentu jalan," ucapnya.

Wakil Menteri Pertanian Sudaryono meninjau lokasi pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News