Ratusan Kendaraan Ikuti Uji Emisi Gratis di Balai Kota Depok

Jumat, 26 Juli 2024 – 11:00 WIB
Ratusan Kendaraan Ikuti Uji Emisi Gratis di Balai Kota Depok - JPNN.com Jabar
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat mengikuti uji emisi. Foto : Diskominfo Depok

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memberikan layanan uji emisi gratis kepada 100 kendaraan roda dua dan roda empat di halaman Balai Kota Depok.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Dalam menyukseskan upaya tersebut, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono juga mengikuti uji emisi pada kendaraan dinasnya.

“Seperti kita ketahui, penyumbang polusi terbesar memang berasal dari bahan bakar, terutama kendaraan bermotor. Dengan adanya uji emisi ini, kita bisa mengurangi polusi udara karena ada standarnya dari baku mutu lingkungan kita," ucapnya.

Dia menuturkan uji emisi kendaraan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menekan laju pencemaran udara, yang bertujuan mengetahui tingkat efisiensi pembakaran kendaraan yang dipengaruhi oleh perawatan kendaraan secara berkala.

Sehingga, mesin kendaraan awet dan tahan lama, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Selain itu, mengetahui penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan yang juga akan berdampak pada kualitas emisi yang dihasilkan oleh kendaraan.

“Bagi kendaraan-kendaraan yang jarang diuji emisi, kami lakukan pada hari ini. Minimal satu tahun sekali untuk menguji supaya kita tidak menjadi penyumbang polusi udara," tuturnya.

Ratusan kendaraan mengikuti uji emisi gratis yang digelar oleh Pemkot Depok di halaman Balai Kota Depok
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News