Pembangunan Jembatan Gantung di Sungai Cikaso Jadi Prioritas Pemkab Sukabumi

Jumat, 26 Juli 2024 – 08:00 WIB
Pembangunan Jembatan Gantung di Sungai Cikaso Jadi Prioritas Pemkab Sukabumi - JPNN.com Jabar
Lima anak yang berasal dari Desa Bantarpanjang, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Jabar bergelantungan para rangka jembatan yang sudah rusak untuk menyeberangi Sungai Cikaso menuju ke sekolahnya di Desa Neglasari. ANTARA

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan pembangunan jembatan antardesa di Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi.

"Pemkab Sukabumi telah memprioritaskan pembangunan jembatan gantung rusak yang menghubungkan Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Deden Sumpena.

Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Neglasari dengan Desa Bantarpanjang, Kecamatan Jampangtengah yang rusak akibat dihantam banjir bandang Sungai Cikaso sempat viral di media sosial, setelah sejumlah anak yang hendak bersekolah harus bergelantungan di besi rangka jembatan tersebut.

Tak hanya itu, aktivitas anak-anak yang sedang menyeberang di jembatan tersebut membuat khawatir, karena harus bertaruh nyawa serta bisa terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh ke aliran sungai dan terbawa arus.

Menurut Deden, jembatan yang rusak pada 29 Juni 2024 lalu ini masuk dalam agenda prioritas pembangunan Pemkab Sukabumi, karena sangat membantu warga seperti bersekolah, mengirimkan hasil bumi, berdagang dan lain sebagainya.

Harus diakui dengan adanya jembatan tersebut bisa memangkas waktu tempuh maupun biaya atau ongkos, sebab jika harus menggunakan jalan protokol warga harus memutar dan mengeluarkan banyak biaya.

Pihaknya juga sudah melakukan survei ke lokasi untuk memastikan bangunan jembatan yang nantinya akan dibangun benar-benar aman untuk warga dan tidak lagi terkena dampak jika Sungai Cikaso tengah mengalami banjir bandang.

Di sisi lain, harus diakui Pemkab Sukabumi kesulitan membuat jembatan sementara, dikarenakan aliran Sungai Cikaso cukup lebar ditambah arus sungai yang deras sehingga pemerintah tidak ingin memaksakan.

BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan pembangunan jembatan antardesa di Kecamatan Lengkong menjadi program prioritas Pemkab Sukabumi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia