Universitas Indonesia Bantah Adanya Kebocoran Data Mahasiswa

Sabtu, 20 Juli 2024 – 16:00 WIB
Universitas Indonesia Bantah Adanya Kebocoran Data Mahasiswa - JPNN.com Jabar
Potret Universitas Indonesia. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) merespons adanya isu viral soal kebocoran data Center of Independent Learning (CIL) yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia (UI), Amelita Lusia membantah adanya kebocoran data kampus tersebut.

“Disebutkan data yang dibobol tersebut meliputi informasi pribadi seperti nomor registrasi, nomor identifikasi, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, alamat, nomor telepon, email, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan lainnya,” ucap Amelita dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (20/7).

Dia menuturkan, setelah informasi tersebut beredar, pihaknya langsung melakukan penelusuran dan pengecekan yang komprehensif.

“Sampai dengan saat kami menyampaikan, tidak ada indikasi kebocoran data yang tersimpan pada beberapa sistem yang dimiliki UI, termasuk data dari Center for Independent Learning (CIL) yang fotonya dimunculkan di platform sosial media,” ujarnya.

Amelita menilai, postingan yang beredar di media sosial itu menimbulkan kesan bahwa kejadian yang diberitakan merujuk pada CIL, sehingga meresahkan masyarakat.

“Pada kenyataannya kami tidak menemukan adanya data yang bocor dari berbagai sistem kami, termasuk dari CIL,” jelasnya.

Pihaknya juga memgucapkan terima kasih atas perhatian masyarakat terkait informasi yang beredar.

UI membantah adanya kebocoran data yang diretas oleh BreachForums seperti yang ramai di akun X
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News