Festival Budaya Tani Raka Kreasi Jadi Sarana Mewujudkan Ketahanan Pangan Daerah

Minggu, 14 Juli 2024 – 15:00 WIB
Festival Budaya Tani Raka Kreasi Jadi Sarana Mewujudkan Ketahanan Pangan Daerah - JPNN.com Jabar
Penyerahan hasil pangan dari pemangku kepentingan kepada masyarakat sebagai simbolis program mempertahankan ketahanan pangan pada Festival Budaya Tani Raka Kreasi di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jabar. ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jabar II Palabuhanratu bersama Pemerintah Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi menggandeng para petani muda untuk berinovasi sebagai bentuk mempertahankan ketahanan pangan di daerah.

"Menjaga ketahanan pangan merupakan tugas seluruh pihak, maka dari itu kami bersama PLTU Jabar II Palabuhanratu menggelar berbagai program dan inovasi dengan melibatkan petani muda untuk bersama membuat inovasi dalam upaya meningkatkan produksi pangan," kata Kepala Desa Cidadap, Deden Anta.

Menurut Deden, salah satu program untuk menggugah petani muda untuk terlibat langsung dalam program mempertahankan ketahanan pangan, yakni dengan menggelar Festival Budaya Tani Raka Kreasi yang digelar di Kampung Mariuk, Desa Cidadap pada Sabtu.

Kegiatan ini, sebagai bentuk komitmen pihaknya untuk mempertahankan ketahanan pangan daerah.

Selain itu, kegiatan ini bukan hanya sebatas hiburan tetapi lebih kepada mengajak kepada para petani muda dan pemuda yang ada di Desa Cidadap untuk ikut menjaga ketahanan pangan.

Kegiatan ini pun merupakan awalan yang menggugah kembali pemuda tani untuk bersama-sama melaksanakan program ketahanan yang merupakan kerjasama dengan PLTU Jabar II, karena pihaknya tidak ingin ketahanan pangan hilang begitu saja akibat kurang kesadaran dari kaum muda. 

Dalam festival tersebut juga dilakukan kegiatan seperti penyiraman tanaman dan upacara adat serta penaburan cai kahuripan/cikahuripan (air kehidupan dari Kasepuhan Sinaresmi) serta Tari Ketoprak yang merupakan kearifan lokal Desa Cidadap.

Cikahuripan merupakan sejarah dari Cikiray dan kegiatan lainnya yang mencerminkan kebudayaan kelompok tani di Desa Cidadap, karena seperti diketahui mayoritas lahan pertanian di desa kami merupakan tadah hujan sehingga kami berharap ketersediaan air terpenuhi  selama bercocok tanam.

Lewat Festival Budaya Tani Raka Kreasi, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jabar II Palabuhanratu ajak petani muda untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News