BPBD Kabupaten Sukabumi Minta Warga Tetap Waspada Akan Dampak La Nina

Kamis, 04 Juli 2024 – 11:00 WIB
BPBD Kabupaten Sukabumi Minta Warga Tetap Waspada Akan Dampak La Nina - JPNN.com Jabar
Ilustrasi longsor. Foto: JPNN

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada warga Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian bencana alam yang dipicu La Nina.

"Pengaruh La Nina sudah dirasakan di Kabupaten Sukabumi, di mana sejak awal Juli hujan lebat turun setiap hari dengan durasi yang cukup panjang baik dari pagi maupun siang hingga menjelang malam," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim.

Menurut Medi, dengan tingginya intensitas hujan tentunya berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, angin kencang atau puting beliung dan pergerakan tanah.

Maka dari itu, warga diimbau untuk melakukan mitigasi bencana atau antisipasi sejak dini untuk meminimalisasikan dampak jika terjadi bencana. Adapun pencegahan atau antisipasi terjadinya bencana yakni membersihkan saluran air atau drainase.

Kemudian memangkas ranting pohon yang berada di dekat rumah maupun jaringan atau kabel listrik, membersihkan talang atau rumah.

Selanjutnya jika rumahnya berdekatan dengan tebing tanah warga bisa memasang bronjong atau alat penahan tanah serta memasang talang air sehingga airnya bisa diarahkan ke tempat yang relatif aman untuk mencegah terjadinya bencana longsor.

Selain itu, warga yang tinggal di daerah yang perbukitan atau dataran tinggi maupun di bantaran sungai untuk selalu waspada serta memantau kondisi daerahnya dan mengenali potensi-potensi terjadinya bencana.

"Alangkah baiknya warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai atau dataran tinggi jika hujan lebat disertai angin kencang melanda dan berpotensi terjadi bencana untuk mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman untuk meminimalisasikan dampak apabila bencana benar-benar terjadi," tambahnya.

BPBD Kabupaten Sukabumi mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejadian bencana alam yang dipicu La Nina
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News