Menjelang Ramadan, Pemakaman di Bandung Padat Dikunjungi Peziarah

Senin, 28 Maret 2022 – 10:35 WIB
Menjelang Ramadan, Pemakaman di Bandung Padat Dikunjungi Peziarah - JPNN.com Jabar
Peziarah memadati makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Porib di Jalan Caringin, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Empat hari menjelang bulan Ramadan, taman pemakaman umum (TPU) di Kota Bandung mulai dipadati masyarakat. Ziarah kubur menjadi tradisi umum masyarakat Indonesia menjelang bulan puasa.

Pantauan JPNN.com, warga tampak berbondong-bondong menyambangi salah satu pemakaman yang ada di Bandung Selatan. TPU Porib di Jalan Caringin, menjadi salah satu pemakaman yang kerap disambangi peziarah sebelum dan sesusai lebaran. 

Pedagang bunga tabur di pemakaman pun ketibanan rezeki karena peziarah yang membludak sebelum ramadan. Mereka menawarkan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000.

"Kalau sekarang banyak yang beli karena peziarah datang mau puasa beberapa hari lagi," kata Ima (45) kepada JPNN.com di TPU Porib, Senin (28/2).

Ima menuturkan, satu bungkus bunga berukuran kecil dibanderol harga Rp 5.000, ukuran sedang Rp 10.000 dan besar Rp 20.000. Sementara untuk air kemasan, Dia mematok harga Rp 5.000 per satu liter.

Momen ziarah ini juga dimanfaatkan anak-anak sekitar pemakaman untuk membersihkan makam keluarga. Seperti yang dilakukan Aldi bersama teman-temannya.

Di akhir pekan kemarin, Aldi membantu membersihkan makam milik peziarah yang datang. Setiap kali membersihkan makam, Dia bisa mengantongi uang hingga Rp 50.000.

"Kalau bantu bersihin makam biasanya dikasih uang seikhlasnya aja sama peziarah," ucapnya.

Menjelang ramadan, sejumlah tempat pemakaman umum dipenuhi peziarah yang hendak berziarah. Pedagang bunga dan warga skeitar pun ketibanan rezeki.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News