Menteri Bahlil: Hilirisasi Wujudkan Cita-cita Indonesia Emas 2045

Kamis, 11 Juli 2024 – 19:02 WIB
Menteri Bahlil: Hilirisasi Wujudkan Cita-cita Indonesia Emas 2045 - JPNN.com Jabar
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia seusai menghadiri kuliah umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan hilirisasi membantu mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada tahun 2045.

Menurut Bahlil, hilirisasi merupakan salah satu jalan untuk menciptakan sumber pendapatan negara.

“Kalau kita mau menuju Indonesia emas, pertumbuhan ekonomi kita harus di atas 7 persen. Pendapatan perkapita kita harus di atas 10 ribu dolar AS. GDP kita harus 5-6 terbesar di dunia. Oleh karena itu dibutuhkan mesin pendongkrak ekonomi,” kata Bahlil saat Kuliah Umum di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7).

Ia mengungkapkan, salah satu mesin pendongkrak ekonomi adalah hilirisasi. Oleh karena itu, Kementerian Investasi membuat desain besar untuk hilirisasi, baik di sektor oil dan gas, mineral dan batubara, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertanian.

“Kita menciptakan nilai tambah di sini, supaya menciptakan lapangan pekerjaan. Kalau lapangan pekerjaan tercipta, hilirisasi terbangun, pendapatan negara naik, upah naik, gaji pegawai negeri juga naik,” imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya telah mendorong untuk setiap investasi yang masuk ke daerah, wajib berkolaborasi dengan pengusaha-pengusaha dan UMKM-UMKM di daerah.

“Orang daerah harus menjadi tuan di negeri sendiri, jangan jadi penonton. Tugas nanti praja-praja yang baru selesai pulang jadi pegawai daerah, tolong tuntun teman-teman yang baru selesai sekolah untuk menjadi pengusaha supaya mereka bisa membangun daerah dan ekonominya bisa dikuasai sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor IPDN Hadi Prabowo mengungkapkan hilirisasi merupakan proses transformasi ekonomi berkelanjutan yang berdasar pada komoditas bernilai tambah tinggi guna memasuki struktur ekonomi yang lebih kompleks.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyampaikan hilirisasi membantu mewujudkan cita-cita Indonesia emas pada tahun 2045.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News