100 Pasien Kurang Mampu Jalani Operasi Katarak Gratis

Rabu, 03 Juli 2024 – 16:55 WIB
100 Pasien Kurang Mampu Jalani Operasi Katarak Gratis - JPNN.com Jabar
Potret pelaksanaan operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) yang bekerja sama dengan PT Erela dan tenaga medis RA Sardjito Yogyakarta mengadakan operasi katarak gratis bagi 100 pasien kurang mampu di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini, merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Danamon untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Indonesia merupakan negara dengan prevalensi kebutaan dan gangguan penglihatan tertinggi kedua di dunia setelah Ethiopia.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 2017, hasil survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) 2014-2016 melaporkan prevalensi kebutaan di 15 provinsi di Indonesia sebesar 3 persen, dengan katarak sebagai penyebab utama (81 persen).

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), katarak adalah penyebab kebutaan tertinggi di Indonesia.

Katarak sendiri sebenarnya bukan penyakit yang bisa dicegah, tetapi kebutaan akibat katarak bisa dicegah dengan tindakan operasi.

Studi lain dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia pada 2018 memperkirakan prevalensi katarak di Kalimantan Barat mencapai 23 persen di antara penduduk berusia 50 tahun ke atas.

Danamon melihat isu kesehatan masyarakat sebagai salah satu prioritas yang harus dihadapi bersama, karena itu melalui program tanggung jawab sosial Danamon akan menyasar peningkatan kesehatan di berbagai komunitas.

Danamon menggelar operasi katarak gratis bagi 100 pasien kurang mampu di Kabupaten Sintang, untuk berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News