Mendag Zulhas Dorong Pelaku UMKM Teh Jawa Barat Lebarkan Sayap Bisnis ke Eropa

Jumat, 28 Juni 2024 – 14:52 WIB
Mendag Zulhas Dorong Pelaku UMKM Teh Jawa Barat Lebarkan Sayap Bisnis ke Eropa - JPNN.com Jabar
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat mengunjungi stand UMKM di Java Tea Experience (JTE) 2024 di Trans Convention Center, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat (28/6/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang teh untuk lebih berani melakukan ekspor.

Hal itu disampaikan Zulhas saat menghadiri festival teh bertajuk 'Java Tea Experience (JTE) 2024' yang diselenggarakan Bank Indonesia Jawa Barat.

Festival yang digelar bersamaan dengan Karya Kreatif Jawa dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) ini menghadirkan belasan produk teh dari pelaku UMKM. 

Menurutnya, sudah saatnya teh asal Jawa Barat berani untuk melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri. Terutama ke negara-negara dengan pengguna teh yang besar.

"Ada yang ke Asean, Amerika, Eropa. Saya mengatakan, ekspor juga ke India, Pakistan, ke Timur Tengah kan suka teh. Apalagi Turki suka minum teh tuh, Turkish Teh, soalnya negara besar pengguna teh, dan saya kira teh kita akan laku," ujar Zulhas di Trans Convention Center, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Jumat (28/6).

Lebih lanjut, Zulhas pun mengaku optimistis teh asal Jawa Barat dapat laku dengan harga tinggi di negara-negara eropa.

Rasa teh asli Jabar yang khas, didukung dengan kemasan yang menarik, diyakini bisa menarik minat para pembeli. 

"Itu kemasannya, rasanya khas, bagus sekali. Seluruh dunia saya kira dijual dengan harga mahal akan laku," kata Zulhas.

Mendag Zulhas menyarankan para pelaku UMKM teh untuk percaya diri dan menjual produk tehnya ke luar negeri.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News