Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Ini Tips Bertindak yang Tepat Saat Buah Hati Mengidap Hernia

Jumat, 14 Juni 2024 – 15:15 WIB
Orang Tua Wajib Tahu! Berikut Ini Tips Bertindak yang Tepat Saat Buah Hati Mengidap Hernia - JPNN.com Jabar
Dokter Spesialis Bedah Anak, Eka Hospital Cibubur, dr. Gibran Kashogi, Sp.BA. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Dokter Spesialis Bedah Anak, Eka Hospital Cibubur, dr. Gibran Kashogi, Sp.BA membagikan tips dan trik bagi para orang tua untuk bagaimana bersikap saat buah hati mengalami hernia.

dr. Gibran Kashogi menjelaskan hernia adalah kondisi medis di mana organ atau jaringan di dalam tubuh menonjol melalui area yang lemah pada dinding otot atau jaringan sekitarnya.

Dalam kasus anak-anak, hernia paling sering terjadi di area selangkangan (hernia inguinalis) dan pusar (hernia umbilikalis).

Hernia inguinalis terjadi ketika usus atau jaringan lain menonjol melalui dinding perut di selangkangan.

Sementara Hernia umbilikalis terjadi ketika jaringan menonjol melalui lubang di otot perut di sekitar pusar.

"Ada juga hernia diafragmatika, yang lebih jarang, di mana organ perut masuk ke dalam rongga dada melalui defek diafragma," katanya kepada awak media, Jumat (14/6).

Penyebab utama hernia pada anak adalah kelemahan pada dinding perut sejak lahir. Faktor genetik bisa berperan, di mana adanya riwayat keluarga dengan hernia meningkatkan risiko.

"Hernia juga dapat terjadi jika ada kelemahan pada otot atau jaringan yang belum berkembang dengan sempurna selama masa kehamilan," ujarnya.

Dokter Spesialis Bedah Anak, Eka Hospital Cibubur, dr. Gibran Kashogi, Sp.BA membagikan tips dan trik bagi orang tua untuk bagaimana bersikap saat anak hernia
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News