Fraksi PDIP DPRD Jabar Ingatkan Bey Machmudin Soal Netralitas ASN

Kamis, 13 Juni 2024 – 16:52 WIB
Fraksi PDIP DPRD Jabar Ingatkan Bey Machmudin Soal Netralitas ASN - JPNN.com Jabar
Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Jabar Bambang Mujiarto. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar), meminta Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin untuk melakukan evaluasi terhadap para penjabat bupati dan wali kota.

Permintaan ini merupakan respons dari adanya kegiatan turnamen sepak bola yang diduga disisipkan muatan politik dan melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), di Kabupaten Majalengka beberapa waktu yang lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Majalengka dan Sekretaris Daerah Majalengka. Namun dalam poster kegiatan, sekretaris daerah disebut sebagai bakal calon bupati Majalengka.

“Ini harus menjadi catatan Pj Gubernur dalam upaya menjaga netralitas untuk ASN di Jawa Barat, terutama mereka yang diberi tugas menjadi penjabat kepala daerah di kota-kabupaten, agar tetap menjaga stabilitas di daerah masing-masing,” ujar Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Jabar Bambang Mujiarto dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (13/6).

Selain itu, Bambang meminta kepada para penjabat bupati/walikota di Jawa Barat untuk tetap mengedepankan profesionalisme sebagai ASN.

Bila ada sekretaris daerah atau ASN yang terindikasi bakal maju dalam kontestasi politik, penjabat bupati/walikota harus mengingatkan yang bersangkutan agar tetap menjalankan kewajiban sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai abdi negara.

“Bilamana ada ASN yang terindikasi maju dalam kontestasi politik, seyogianya ruang geraknya harus diluruskan kembali, jangan diberikan porsi lebih. Sehingga ada kenyamanan dalam menjaga iklim demokrasi di daerah tersebut,” ucapnya.

Dia pun mengimbau para penjabat bupati/walikota untuk memberikan perhatian penuh terhadap hal ini, terlebih perhelatan pemilihan kepala daerah sudah di depan mata.

Fraksi PDIP DPRD Jabar meminta Pj Gubernur Bey Machmudin evaluasi Pj bupati dan wali kota soal netralitas ASN.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News