Rp15 Miliar Digelontorkan Pemkab Purwakarta Untuk Perbaiki 765 Rumah Tidak Layak Huni

Selasa, 11 Juni 2024 – 16:00 WIB
Rp15 Miliar Digelontorkan Pemkab Purwakarta Untuk Perbaiki 765 Rumah Tidak Layak Huni - JPNN.com Jabar
Ilustrasi rumah tidak layak huni (RTLH). Foto: ANTARA/Nirkomala

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta perbaiki 765 unit rumah tidak layak huni sepanjang tahun 2023-2024 sebagai upaya membantu masyarakat miskin mendapatkan tempat tinggal yang layak.

"Ratusan rumah yang kami perbaiki itu tersebar di 17 kecamatan di Purwakarta," kata Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) Purwakarta, Agung Wahyudi.

Ia menyampaikan bahwa program perbaikan rumah tidak layak huni di wilayah Purwakarta akan terus berlanjut. Saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan.

"Jadi, sesuai arahan Pj Bupati (Benni Irwan), kami masih terus mendata rumah-rumah yang tidak layak huni untuk diperbaiki," katanya.

Untuk sumber anggaran dalam program perbaikan rumah tidak layak huni tidak hanya bersumber dari APBD Pemkab Purwakarta, tetapi juga dari anggaran Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat.

Jika ditotalkan perbaikan ratusan rumah tidak layak huni sepanjang tahun 2023-2024 menghabiskan anggaran sekitar Rp15 miliar.

"Perbaikan setiap satu rumah menghabiskan anggaran Rp20 juta. Dana itu kami optimalkan agar rumah-rumah itu bisa layak huni dan sehat," kata Agung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono menyebutkan bahwa semua rumah yang diperbaiki itu adalah rumah yang benar-benar masuk kategori tidak layak huni.

Pemkab Purwakarta perbaiki 765 unit rumah tidak layak huni sepanjang tahun 2023-2024 dengan total anggaran mencapai Rp15 miliar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News