Kejari Bekasi Ingatkan Pejabat Agar Tak Lakukan Praktik Titip Calon Siswa di PPDB Tahun Ini

Senin, 10 Juni 2024 – 15:00 WIB
Kejari Bekasi Ingatkan Pejabat Agar Tak Lakukan Praktik Titip Calon Siswa di PPDB Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi PPDB siswa SMA/SMK. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi mengingatkan para pejabat di daerah itu untuk tidak melakukan praktik titip-menitip calon siswa di kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025.

"Sama-sama kami sudah komitmen jadi memang sudah harus ditindaklanjuti sebagai bentuk pencegahan. Jika semula memang terbiasa, istilahnya titipan, sekarang kami bisa jelaskan bahwa ini sudah jadi komitmen bersama. Kami tidak bisa melanggar," kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Dwi Astuti Benniyati.

Dirinya menegaskan bakal menindak tegas terhadap pejabat yang melakukan praktik penitipan calon siswa untuk diterima di sekolah tanpa melalui mekanisme dan ketentuan yang diatur dalam ketentuan petunjuk pelaksanaan dan teknis PPDB.

"Kalau ada pengaduan pasti kami tindaklanjuti. Tidak ada pengaduan yang tidak kami tindak lanjut, sifatnya klarifikasi. Kalau sudah diklarifikasi dan memang betul ada pelanggaran, pasti kita tindak," ucapnya.

Dia optimistis pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2024/2025 di Kabupaten Bekasi bisa berjalan lancar dan sesuai aturan.

Terlebih Pemkab Bekasi juga telah menambah kuota jalur zonasi tingkat SMP pada pelaksanaan PPDB tahun ini menjadi 80 persen.

"Sudah ada persyaratan baik administrasi maupun persyaratan lain. Jadi silakan penuhi persyaratan dan aturan yang berlaku. Terlebih tahun ini zonasi ditambah menjadi 80 persen. Lebih banyak kesempatan mereka untuk bisa masuk. Paling tidak, siswa yang dekat dengan sekolah itu yang akan diterima lebih banyak dari tahun lalu," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menambah kuota 20 persen untuk jalur zonasi PPDB daring jenjang SMP dari semula 60 persen menjadi 80 persen.

Kejari Kabupaten Bekasi mengingatkan para pejabat di daerah itu untuk tidak melakukan praktik titip-menitip calon siswa di kegiatan PPDB tahun ini
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News