KPU Kabupaten Bekasi Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada Mencapai 85 Persen

Jumat, 07 Juni 2024 – 08:00 WIB
KPU Kabupaten Bekasi Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada Mencapai 85 Persen - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 minimal sebesar 85 persen atau naik dari penyelenggaraan pemilihan umum sebelumnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Ali Rido optimistis kenaikan jumlah pemilih mengacu tren kenaikan tingkat partisipan pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya, yakni 81,36 persen pada Pemilu 2019 dan 84,71 persen.

"Mudah-mudahan bisa sampai 90 persen, bahasa 85 persen minimal itu, insyaallah, bisa tercapai, atau naik tiga digit menjadi 87 persen," kata Ali Rido.

Ali menyatakan potensi kenaikan jumlah partisipan pemilih tersebut juga mengacu basis daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 yang akan disandingkan dengan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

Penyandingan data pemilih itu, menurut dia, memungkinkan terjadi penambahan jumlah partisipan, khususnya dari kalangan milenial yang pada Pemilu 2024 belum terdaftar sebagai partisipan karena terbentur persyaratan usia minimal pemilih.

Melalui sosialisasi lebih masif pada tahapan Pilkada 2024, dia berharap tingkat partisipasi pemilih dapat meningkat signifikan.

Ia memastikan akan terjadi pengurangan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan kepala daerah ketimbang Pemilu 2024 meski tidak berdampak pada tingkat partisipasi pemilih.

Pengurangan jumlah TPS, kata dia, disebabkan peningkatan jumlah pemilih dalam setiap TPS dari 300 pemilih pada Pemilu 2024 menjadi maksimal 600 pemilih pada Pilkada 2024.

KPU Kabupaten Bekasi menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 minimal sebesar 85 persen atau naik dari penyelenggaraan pemilu sebelumnya
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News