132 Warga Desa Sekarwangi Sukabumi Keracunan Makanan Nasi Bungkus Syukuran

Kamis, 06 Juni 2024 – 07:00 WIB
132 Warga Desa Sekarwangi Sukabumi Keracunan Makanan Nasi Bungkus Syukuran - JPNN.com Jabar
Ilustrasi keracunan makanan massal. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Tim Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi mencatat jumlah warga Desa Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi yang diduga mengalami keracunan susai menyantap nasi bungkus yang dibagikan pada acara syukuran totalnya mencapai 132 orang.

"Seratusan korban yang mengalami gejala keracunan seusai menyantap makanan dari syukuran pada Senin (4/6) tersebut berasal dari dua kampung, yakni Kampung Cikiwul dan Cimonyet, Kecamatan Cibadak," kata Ketua Tim Kerja Survailans Dinkes Kabupaten Sukabumi, Tatang Sutarman.

Informasi yang dihimpun dari tim survailans, dari 53 korban yang dirawat di RSUD Sekarwangi sebanyak 25 korban sudah dipulangkan karena kondisi kesehatannya semakin membaik.

Kemudian lima korban menjalani observasi di posko kesehatan sementara sisanya menjalani pemulihan di rumahnya masing-masing.

Hasil penelusuran yang dilakukan Tim Surveilans Dinkes Kabupaten Sukabumi keracunan massal ini setelah warga menyantap nasi boks yang dibagikan salah seorang warga Kampung Cikiwul, RT 01, RW 02 pada acara syukuran pernikahan.

Namun, seusai menyantap berbagai hidangan yang ada di dalam paket nasi boks tersebut atau tepatnya pada Senin (4/6) sekitar pukul 17.00 WIB satu persatu warga mulai merasakan gejala keracunan seperti sakit kepala, demam, mual-mual, badan lemas, muntah dan sering buang air besar (BAB).

Awalnya sejumlah warga yang mengalami gejala keracunan tersebut ditangani oleh pembina desa, tetapi karena jumlahnya terus bertambah, pembina desa berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Sekarwangi dan Dinkes Kabupaten Sukabumi.

Karena jumlah korban terus bertambah tim kesehatan kemudian membuka posko darurat, kemudian melakukan penyisiran ke rumah-rumah warga untuk memberikan pelayanan pengobatan dan merujuk warga yang kondisinya sudah lemah serta diharuskan menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Dinkes Kabupaten Sukabumi mencatat jumlah warga yang diduga mengalami keracunan susai menyantap nasi bungkus di acara syukuran mencapai 132 orang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News