Pileg 2024: Partai Gerindra Raih Kursi Terbanyak di DPRD Jabar

Rabu, 29 Mei 2024 – 17:05 WIB
Pileg 2024: Partai Gerindra Raih Kursi Terbanyak di DPRD Jabar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Ricardo

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) merilis hasil perolehan kursi untuk DPRD Jabar 2024.

Hasilnya Partai Gerindra menjadi partai dengan kursi terbanyak, diikuti PKS, Golkar, dan PDIP.

Dalam penetapan yang dilakukan lewat rapat pleno terbuka di kantor KPU Jabar Selasa (28/5) malam, KPU menetapkan partai pimpinan Prabowo Subianto itu menempati urutan pertama dengan 20 kursi.

Di urutan kedua, ada PKS dan Partai Golkar yang sama-sama mendapat 19 kursi, baru kemudian PDIP dengan 17 kursi, PKB 15 kursi, Demokrat dan Nasdem 8 kursi, PAN 7 kursi, PPP 6 kursi dan PSI 1 kursi.

"Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat tentang penetapan perolehan kursi partai politik peserta Pemilihan Umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat dalam Pemilihan Umum tahun 2024," kata Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni, Rabu (29/5).

Ummi juga menjelaskan, dalam pleno tersebut KPU melakukan perubahan anggota DPRD terpilih untuk anggota DPRD dari PAN Dapil Jabar 13 dan PKB Jabar 6 yang meninggal dunia.

"Selanjutnya pelantikan," tandasnya. (mcr27/jpnn)

Partai Gerindra memperoleh 20 kursi pada perolehan suara terbanyak Pileg 2024.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News