Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan Sidak PO Bus di Bandung

Selasa, 28 Mei 2024 – 18:35 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan Sidak PO Bus di Bandung - JPNN.com Jabar
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan ditemui seusai ramp check di PO Bus Jackal Holiday, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (28/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) dan ramp check bus pariwisata di sejumlah PO bus di Kota Bandung.

Sidak ini merupakan respons dari Korlantas Polri atas sejumlah insiden kecelakaan yang kerap kali melibatkan bus pariwisata.

Aan mengecek kesiapan bus pariwisata yang akan digunakan untuk perjalanan jauh. Mulai dari sistem pengereman, kelengkapan surat, hingga kondisi kelaikan bus ikut diperiksa. 

Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun sudah melakukan ramp check di seluruh PO bus yang ada di Indonesia. 

Total ada 5.283 bus yang diperiksa dalam penyelenggaraan ramp check tersebut. 

"Saya ke Bandung memastikan itu betul-betul dilaksanakan karena itu menyangkut masalah nyawa. Ada beberapa kasus yang menimpa bus pariwisata ini," kata Aan ditemui di PO Bus Jackal Holiday, Jalan Soekarno-Hattta, Kota Bandung, Selasa (28/5). 

Ia menerangkan, dari 5.283 bus yang diperiksa, sebanyak 4.435 bus dinyatakan sudah laik jalan. Artinya bus-bus itu sudah lulus uji KIR kendaraan. 

"Kami di Indonesia sudah melaksanakan ramp check. Jadi tidak hanya di Bandung saja, ini sudah 16 Polda yang melaporkan. 5.283 bus yang kami periksa, kemudian dari jumlah itu 4.435 yang laik secara administratif maupun fisik laik untuk jalan," terangnya. 

Korlantas Polri menggelar ramp check bus di sejumlah PO bus buntut insiden kecelakaan maut bus study tour SMK Lingga Kencana Depok di Ciater.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News