Negeri Jiran Buka Pintu Kedatangan Bagi Wisatawan Tanpa Karantina

Rabu, 23 Maret 2022 – 17:25 WIB
Negeri Jiran Buka Pintu Kedatangan Bagi Wisatawan Tanpa Karantina - JPNN.com Jabar
Direktur Deputi Malaysia Tourism Promotion Board Haryanty Abu Bakar dan Koordinator Divisi Outbond ASITA Jawa Barat Nico Darmawan Effendi di Hotel Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Malaysia bakal kembali membuka pintu kedatangan tanpa karantina bagi wisatawan Indonesia per tanggal 1 April, mendatang.

Direktur Deputi Malaysia Tourism Promotion Board Haryanty Abu Bakar menuturkan, awalnya kebijakan ini akan berlaku pada 1 Maret 2022. Namun, karena berbagai pertimbangan termasuk peningkatan kasus Covid-19, maka pembukaan akses diundur satu bulan.

“Sebelumnya akses masuk ke Malaysia menggunakan pesawat hanya lewat Bandar Udara Internasional Langkawi. Namun sekarang sudah bisa semua mulai dari akses udara, laut, dan darat,” kata Haryanty di Hotel Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Bandung, Rabu (23/3).

Pada 1 April nanti, wisatawan yang masuk ke Negeri Jiran  tidak perlu lagi menjalani karantina. Mereka bisa langsung memgunjungi tempat wisata yang ada di sana.

Menurut Haryanty, berdasarkan data di sepanjang tahun 2020 jumlah orang Indonesia yang masuk ke Malaysia sekitar 711 ribuan. Angka ini jauh berbeda bila dibandingkan dengan kunjungan orang Malaysia ke Jawa Barat yang mencapai 980 ribuan di tahun yang sama.

“Orang yang datang ke Malaysia atau pun sebaliknya itu pun karena keperluan pendidikan atau kesehatan. Sehigga bukan untuk berwisata,” kata Haryanty.

“Maka 1 April ini kami harap semakin banyak orang Indonesia datang ke Malaysia baik lewat Jakarta atau Bali yang bandara Internasionalnya sudah dibuka. Dan kalau tidak salah pada 1 April nanti juga aka nada penerbangan dari Surabaya mulai beroperasi,” sambungnya.

Kendati sudah tidak ada karantina, pemerintah Malaysia tetap mewajibkan wisatawan untuk mempersiapkan diri termasuk dalam hal protokol kesehatan. Sebelum keberangkatan, wisatawan diharuskan mengisi formular dalam aplikasi MySejahtera.

Per 1 April nanti, Pemerintah Malaysia bakal membuka akses wisatawan tanpa karantina ke negaranya. Simak aturan jelasnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News