Ace Hasan Kritisi Penyaluran Bantuan Baznas Tak Tepat Sasaran

Selasa, 28 Mei 2024 – 07:30 WIB
Ace Hasan Kritisi Penyaluran Bantuan Baznas Tak Tepat Sasaran - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily dalam Rapat Dengar Pendapat (RPD) bersama Komisi VIII DPR RI dan Baznas pada Senin (27/5). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengkritisi penyaluran bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang dinilai masih kurang tepat sasaran.

Pria yang karib disapa Kang Ace itu menyebut jika bantuan Baznas masih lebih banyak di Jakarta, dibandingkan daerah-daerah yang membutuhkan.

Hal itu disampaikan Kang Ace saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RPD) bersama Komisi VIII DPR RI dan Baznas pada Senin (27/5).

Ace menuturkan, capaian Baznas perlu diapresiasi atas pengumpulan dan proses penyaluran zakat, infak, dan sedekah yang lebih baik dan tinggi nilainya. Namun, terkait pengumpulan zakat, infak, dan sedekah perlu lebih ditingkatkan.

Karena, kata dia, Rp327 triliun potensi zakat di Indonesia harus dioptimalkan dalam konteks bagaimana publik atau umat Islam memberikan kepercayaan kepada lembaga Baznas maupun yang lain untuk mempercayakan zakat, infak, dan sedakah kepada lembaga filantropi ini.

"Per hari ini, total zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul baru Rp37 triliun. Sedangkan Baznas, Rp880 miliar. Jadi tentu dengan capaian ini, kami semua harus sama-sama mendorong Baznas dan lembaga lainnya, menjadi lembagai filantropi terpercaya," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu.

Ia menyatakan, Indonesia dikenal sebagai negara berpenduduk paling dermawan di dunia. Tentu ini menjadi potensi yang harus dioptimalkan. Namun diingatkan kepada semua, bahwa Baznas dengan zakat, infak, dan sedekahnya, itu bukan negara.

Dalam pengertian, ujar Ace, jangan tugas-tugas negara yang telah mendapatkan alokasi anggaran cukup besar, Rp448 triliun untuk bantuan sosial, perlindungan sosial, beasiswa KIP, PIP, dan subsidi sosial lain, juga dilakukan oleh Baznas.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengkritisi penyaluran bantuan Baznas yang dinilai masih kurang tepat sasaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News