Buntut Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana, Pemkot Depok Evaluasi Seluruh Kegiatan di Luar Sekolah

Senin, 13 Mei 2024 – 19:30 WIB
Buntut Kecelakaan Maut Bus SMK Lingga Kencana, Pemkot Depok Evaluasi Seluruh Kegiatan di Luar Sekolah - JPNN.com Jabar
Kondisi bangkai bus Trans Putera Fajar yang mengalami kecelakaan di Jalan Raya Ciater, Kabupaten Subang, Minggu (12/5). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melakukan evaluasi terkait seluruh kegiatan di luar sekolah, baik itu outing, study tour, perpisahan, dan lain sebagainya.

“Akan ada evaluasi besar-besaran. Karena ini tingkatnya SMK/SMA, di bawah Kantor Cabang Dinas (KCD) Provinsi Jawa Barat. Kami akan koordinasi dengan Jawa Barat dan mungkin nanti di tingkat SMP atau SD juga akan ada evaluasi," ucap Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Dirinya menuturkan kecelakaan seperti yang dialami Bus Trans Putera Fajar yang mengangkut rombongan SMK Lingga Kencana itu tak boleh terjadi kembali.

Dirinya menegaskan Pemkot Depok akan membuat persyaratan terhadap kegiatan sekolah ke luar kota.

"Syarat dan ketentuan berlaku jika ingin melakukan kunjungan luar kota. Ini memang sebuah kewajiban dan mekanisme yang harus ditempuh baik sebelum kejadian, maupun sesudah kejadian apalagi. Kami harus lebih ketat mengecek terhadap kelayakan sebuah kendaraan untuk mengangkut penumpang," terangnya.

Pria yang akrab disapa IBH menyebut evaluasi itu akan melibatkan jajaran dewan sekolah, dewan pendidikan Kota Depok, Lembaga Persatuan Sekolah Swasta, Disdik, hingga kepolisian.

"Sekarang kami masih fokus menangani masalah yang sangat penting, yaitu penanganan kecelakaan. Untuk evaluasi, akan dibahas nanti," kata IBH. (mcr19/jpnn)

Imam Budi Hartono (IBH) sebut pihaknya akan melakukan evaluasi terkait kegiatan di luar sekolah, agar kejadian seperti SMK Lingga Kencana tidak kembali terulang

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News