Pemkot Depok Kembangkan Inovasi Smart Culture di Jenjang SMP

Selasa, 07 Mei 2024 – 09:30 WIB
Pemkot Depok Kembangkan Inovasi Smart Culture di Jenjang SMP - JPNN.com Jabar
Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah mengembangkan Inovasi Smart Culture pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Inovasi tersebut diketahui menjadi yang pertama di Indonesia untuk diterapkan di SMP.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan dalam Kurikulum Merdeka Belajar, juga memperhatikan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai peradaban.

Seperti sopan, santun, akhlak, wawasan kenegaraan dan kebangsaan. Nilai ini yang akan ditanamkan kepada siswa.

“Kami kembangkan di Kota Depok, baru ada di sini, belum ada di kota-kota lain, ini memang inovasi kami. Sebenarnya penerapannya lebih efektif ke SMA, tetapi SMA kewenangan ada di provinsi, sehingga akan kami terapkan di SMP tahun ini,” ucapnya.

Dia mengungkapkan culture yang dimaksud yaitu nilai-nilai peradaban budaya yang sudah ada di masyarakat, seperti budaya antre dan lain sebagainya. 

Smart culture tersebut saat ini kajiannya sudah proses ratifikasi di Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Depok untuk diterapkan di Dinas pendidikan (Disdik).

“Jadi lebih ke soft skill dan pendidikan karakter, tahun ini teruskan Smart Culture, tahun depan tingkatkan pengembangannya,” tuturnya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris sebut saat ini Pemkot Depok sedang mengembangkan inovasi smart culture di tingkat SMP
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News