Pemkab Bogor Serahkan Pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang ke Pemerintah Pusat

Selasa, 30 April 2024 – 09:00 WIB
Pemkab Bogor Serahkan Pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang ke Pemerintah Pusat - JPNN.com Jabar
Jalan Raya Bojonggede-Kemang atau Bomang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. ANTARA/M Fikri Setiawan

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten Bogor mengalihkan pembangunan Jalan Raya Bojonggede-Kemang atau Bomang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa pembangunan jalan yang menghubungkan Jalan Tegar Beriman dengan Jalan Raya Parung itu telah ditetapkan menjadi agenda pemerintah pusat.

"Bukan masalah tidak mampu, karena strategisnya jalan ini bagaimana menghubungkan Parung-Bojonggede nanti lintas kabupaten lintas provinsi," ungkap Asmawa.

Sehingga, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bogor mulai tahun 2024 tidak lagi menyediakan anggaran untuk melanjutkan pembangunan Jalan Raya Bomang.

"Di APBD kami tidak ada, tetapi kami dorong bahwa setelah ditetapkan menjadi proyek pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR maka itu bisa segera direalisasikan harapannya sih (dibangun) tahun 2025," ujarnya.

Asmawa menilai ketika Jalan Raya Bomang telah terbangun selesai secara sempurna, akan memberikan dampak ekonomi yang tinggi bagi masyarakat sekitar. Karena, Jalan Bomang akan mendekatkan masyarakat di Parung, Kemang, Tajurhalang menuju pusat kota Cibinong.

Pemerintah Kabupaten Bogor terakhir kali menganggarkan pembangunan Jalan Bomang menggunakan APBD tahun anggaran 2023 senilai Rp3 miliar.

Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Bogor juga menganggarkan Rp45 miliar untuk pekerjaan konstruksi yang dikerjakan oleh PT Kemang Bangun Persada dengan nilai kontrak Rp44,29 miliar.

Pemkab Bogor mengalihkan pembangunan Jalan Raya Bojonggede-Kemang atau Bomang ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News