Dampak Gempa Garut, Belasan Bangunan di Jawa Barat Rusak Ringan Hingga Ambruk

Minggu, 28 April 2024 – 09:10 WIB
Dampak Gempa Garut, Belasan Bangunan di Jawa Barat Rusak Ringan Hingga Ambruk - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, GARUT - Gempa tektonik dengan kekuatan M6,5 mengguncang wilayah Kabupaten Garut dan sekitarnya pada Sabtu (27/4) pukul 23.29 WIB. Getaran gempa yang besar itu terasa hingga sejumlah daerah lain, seperti Kota Bandung dan Jakarta.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat melaporkan dampak dari gempa bumi yang terjadi pada malam hari tadi.

Ada sejumlah bangunan rumah warga, rumah sakit, dan masjid yang mengalami kerusakan. Data hingga pukul 03.45 WIB itu diambil di 10 kota/kabupaten yang terasa getaran gempanya.

Di Kabupaten Garut tepatnya di Kecamatan Cilawu, satu rumah warga dan bank ambruk akibat guncangan gempa. Beberapa bangunan milik warga mengalami kerusakan dengan kategori ringan.

Kemudian, di Kabupaten Tasikmalaya ada beberapa rumah warga di sejumlah kecamatan yang mengalami kerusakan dengan kategori sedang dan ringan.

Di Kabupaten Ciamis dilaporkan, dampak dari gempa tektonik ini ada 12 rumah yang rusak, satu orang warga luka ringan dan mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Korban satu orang luka di Cisompet karena panik dan sudah kembali ke rumah,” kata Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda BPBD Jabar Hadi Rahmat dalam keterangannya, Minggu (28/4).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa Barat diguncang gempa tektonik dengan magnitudo M6,2.

Dampak gempa tektonik M6,5 di Garut, sejumlah bangunan rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News