Tumpukan Sampah di Aliran Kali Pasir Bekasi Sepanjang 1,5 Kilometer Mulai Dibersihkan Tim Gabungan

Selasa, 23 April 2024 – 08:00 WIB
Tumpukan Sampah di Aliran Kali Pasir Bekasi Sepanjang 1,5 Kilometer Mulai Dibersihkan Tim Gabungan - JPNN.com Jabar
Proses pengangkutan sampah yang menumpuk di atas aliran Kali Pasir, Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai mengangkut sampah sepanjang 1,5 kilometer yang menumpuk di aliran Kali Pasir, Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat.

"Evakuasi sampah di aliran sungai ini diprediksi selesai dalam tiga hari ke depan dan sampah yang menumpuk ditaksir mencapai 150 ton," kata Kepala UPTD Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Adi Suryana.

Dia mengatakan sampah-sampah itu diangkat menggunakan satu unit alat berat jenis ekskavator kemudian diangkut truk sampah menuju tempat pembuangan akhir milik pemerintah daerah di Desa Burangkeng, Kecamatan Setu.

"Sebanyak 20 truk pengangkut sampah dikerahkan di sekitar lokasi dengan bantuan 30 personel gabungan dari Tim Biawak Dinas Lingkungan Hidup serta petugas kebersihan dan masyarakat sekitar," katanya.

Menurut dia, tumpukan sampah itu didominasi sampah rumah tangga dan plastik, selain sampah domestik, tanaman dan rumput liar, eceng gondok, dan batang pohon yang menyumbat aliran sungai.

"Laporan masyarakat itu langsung kami respons dengan mengangkut sampah yang menyumbat aliran sungai ini sebelum menimbulkan dampak negatif ke lingkungan," katanya.

Camat Tambun Utara Najmuddin mengatakan tumpukan sampah sepanjang 1,5 kilometer tersebut terbawa dari hulu saat hujan lebat hingga terhenti di area ini karena terjadi sumbatan.

"Sehingga harus segera dievakuasi karena khawatir dapat memicu banjir, apalagi sudah menimbulkan bau tidak sedap," katanya.

Pemkab Bekasi mulai mengangkut sampah sepanjang 1,5 kilometer yang menumpuk di aliran Kali Pasir, Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News