Alat Berat Dikerahkan untuk Atasi Pergerakan Tanah di Sukatani Purwakarta

Minggu, 21 April 2024 – 07:00 WIB
Alat Berat Dikerahkan untuk Atasi Pergerakan Tanah di Sukatani Purwakarta - JPNN.com Jabar
Potret pergerakan tanah yang terjadi di dua kampung di sekitar Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.. ANTARA/HO-BPBD Purwakarta

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta menurunkan alat berat untuk melakukan penanggulangan bencana pergerakan tanah yang terjadi di dua kampung di sekitar Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta, Heryadi Erlan mengatakan bahwa penanganan bencana pergerakan tanah itu harus cepat karena telah mengakibatkan jalan di desa itu tak bisa dilintasi kendaraan.

Ia menyampaikan peristiwa pergerakan tanah telah terjadi di dua kampung wilayah Kecamatan Sukatani, Kampung Cibodas dan Kampung Panyindangan, pada Selasa (16/4), sekitar pukul 13.00 WIB, dan pada Kamis (18/4) pukul 03.00 WIB.

Atas kejadian itu pihaknya telah melakukan peninjauan ke lokasi untuk mendapatkan informasi dan data yang berguna untuk melakukan tindakan terhadap lokasi pergerakan tanah tersebut.

Menurut dia, peristiwa pergerakan tanah di dua kampung itu ternyata disebabkan oleh lokasi bencana yang berada di zona kerentanan gerakan tanah menengah.

"Lokasinya berbatasan dengan lembah, sungai, tebing jalan, serta memiliki lereng yang mengalami gangguan," katanya.

Disebutkan bahwa kondisi itu dapat meningkatkan risiko terjadinya pergerakan tanah saat curah hujan tinggi.

Untuk jenis gerakan tanah yang terjadi adalah tipe rayapan, di mana tanah bergerak secara perlahan dan terus-menerus.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta menurunkan alat berat untuk penanggulangan bencana pergerakan tanah di Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News