Bunga Bangkai Setinggi 3 Meter Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas

Jumat, 19 April 2024 – 19:00 WIB
Bunga Bangkai Setinggi 3 Meter Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas - JPNN.com Jabar
Potret bunga bangkai Amorphophallus titanum Becc yang mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas. Foto: Dok Kebun Raya Bogor

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Bunga bangkai yang memiliki nama ilmiah Amorphophallus titanum Becc yang mekar saat ini merupakan koleksi Kebun Raya Cibodas dengan nomor koleksi 76.

Ini merupakan kali ketiga individu tanaman tersebut berbunga setelah sebelumnya berbunga pada tahun 2016 dan 2020.

Menurut data hasil pemantauan dari unit pengelolaan koleksi ilmiah Kebun Raya Cibodas, tunas mulai teramati pada 16 Februari 2024.

Bunga ini mekar sempurna, tepat pada Jumat dini hari (19/4) pukul 00.56 WIB dengan tinggi spadik 310,5 cm dan diameter spatanya 161 cm.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Destri mengatakan ketinggian bunga yang saat ini mekar melebihi dari yang sebelumnya.

“Tinggi bunga kali ini lebih dari 3 meter hal ini dikarenakan pertumbuhan vegetatifnya bagus sehingga dengan sendirinya menghasilkan umbi yang lebih besar,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan jika induk tanaman yang ada di Cibodas diperkirakan sudah berumur antara 32-35 tahun, karenanya tanaman tergolong herba perenial.

Sampai saat ini, jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 10 nomor spesimen, yang terdiri atas 1 spesimen induk hasil pengoleksian berupa umbi dan 9 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji.

Kebun Raya Cibodas menyambut mekarnya bunga bangkai Amorphophallus titanum Becc bersamaan dengan perayaan HUT ke-172
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News