Sambut Libur Lebaran, Bunga Bangkai Setinggi 171cm Mekar di Kebun Raya Cibodas

Minggu, 07 April 2024 – 17:00 WIB
Sambut Libur Lebaran, Bunga Bangkai Setinggi 171cm Mekar di Kebun Raya Cibodas - JPNN.com Jabar
Potret Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum (Becc.) di Kebun Raya Cibodas. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Libur lebaran sudah tiba. Bagi Anda yang masih bingung mau mengisi liburan kemana, Kebun Raya Cibodas bisa menjadi pilihan. Jika Anda memilih berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda akan disambut dengan mekarnya bunga bangkai raksasa.

Bunga yang umum dikenal dengan Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum (Becc.) merupakan tanaman koleksi hasil dari anakan tanaman induk yang di koleksi sejak tahun 2000 hasil eksplorasi dari Bukit Sungai Talang, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Sumatera Barat.

Tanaman koleksi ini termasuk kedalam suku aracea atau talas tlasan yang mengalami beberapa fase, yaitu fase dorman atau istirahat, fase vegetatif dan fase generatif atau berbunga.

Bunga bangkai termasuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Daseng Ahmad Samsudin bersama Supervisor Hortikultura Kebun Raya Cibodas, Latif, koleksi bunga bangkai dengan nomor koleksi 76, mulai keluar kuncup bunga pada tanggal 16 februari 2024.

Pengamatan /pengukuran tinggi lakukan setiap 2 hari sekali. Pengamatan terakhir dilakukan pada hari Jumat tanggal 5 April 2024 dengan tinggi tanaman 171.5 cm.

Bunga bangkai Kebun Raya Cibodas, terletak bersebelahan dengan taman lumut. Kondisi sekitar bunga bangkai tampak ternaungi oleh pohon-pohon yang tinggi dan rimbun, salah satunya pohon rasamala atau Altingia excelsa.

Serasah daun rasamala yang berguguran pada area sekitar sering dimanfaatkan untuk menutupi media tanam bunga bangkai tersebut, dengan tujuan untuk membantu proses penyuburan tanah disekitar umbi bunga bangkai tumbuh.

Sambut libur lebaran tahun ini, Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum (Becc.) mekar di Kebun Raya Cibodas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News