Amazing! Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas

Kamis, 27 April 2023 – 13:45 WIB
Amazing! Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum Mekar Sempurna di Kebun Raya Cibodas - JPNN.com Jabar
Potret Bunga Bangkai Amorphophallus Titanum yang tumbuh subur dan mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas. Foto : Source forJPNN.

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Titanum kembali mekar dengan sempurna di Kebun Raya Cibodas.

Diketahui, bunga bangkai yang mekar saat ini merupakan spesimen koleksi bunga bangkai yang berada di area tumbuhnya bunga bangkai sebelumnya di kebun Raya Cibodas.

General Corporate Communication PT Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin mengatakan siklus hidup bunga bangkai mengalami tiga fase, yaitu fase vegetatif (berdaun), fase generatif (berbunga) dan fase dorman (istirahat). 

"Bunga ini ditanam di VAK I.B.28. Meskipun letak geografis Kebun Raya Cibodas relatif lebih tinggi dibandingkan habitat alaminya, tetapi tumbuhan ini dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik," ujarnya, Kamis (27/4).

Berdasarkan data perbungaan, bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas mekar untuk pertama kali pada tahun 2003 dengan tinggi perbungaan mencapai 2,7 m.

Kemudian, 2007 mencapai tinggi 3,17 m, tahun 2011 tinggi perbungaan 3,2 m, dan tahun 2016 mencapai tinggi 3,735 m, dan 2020 bulan Mei mencapai tinggi 3.52 m, kali ini di tahun 2023 ketinggian bunga bangkai mencapai 2.10 m.

Sebagai informasi, Amorphophallus titanum ditemukan pertama kali oleh Odoardo Beccari seorang ahli botani Italia pada tahun 1878, di Lembah Anai, Sumatera Barat (Poerba & Yuzammi. 2008). Jenis ini hanya tumbuh endemik di hutan hujan tropik Sumatera, Indonesia.

Tumbuhan ini umumnya hidup di hutan sekunder di mana keadaan tumbuhan dan sekitarnya tidak terlalu rapat dan gelap.

Bunga Bangkai jenis Amorphophallus Titanum kembali mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News